Akhir Tahun 2020

 Assalamu alaikum.....


sudah  lama sekali tidak update di blog ini... selalu ada keinginan untuk menulis namun tertahan di dalam pikiran dan akhirnya tertunda sampai saat ini. beberapa tahun lalu membuat blog dengan niat ingin menulis banyak cerita dan pengalaman. selain karena memang suka menulis cerita namun tidak ditekuni karena kesibukan (sok sibuk sih..). sepertinya blog ini dibuat sekitar tahun 2015 atau tahun 2016 deh, sudah lama yahh... hehe... pada saat sedang berada pada fase yang sangat pelik, rumit, dan berat. banyak kisah dan cerita yang ingin disampaikan namun tertahan dan dipendam sendiri untuk menjaga dan terlihat baik-baik saja. namun, dengan cara itu malah seperti menyimpan bom waktu dalam diri yang sewaktu-waktu akan meledak dan menghancurkan diri sendiri (ngeri yah...).

Nah, setelah beberapa tahun kemudian, barulah saat ini memutuskan dan memberanikan diri untuk menulis walaupun sebenarnya tulisannya tidak penting sih heheh... 

pertama, ingin bercerita tentang perjalanan yang dimulai sekitar tahun 2014. hmm... saat itu masih kuliah semester tujuh dan sudah akan diwisuda pada bulan maret. sampai bulan maret, april, mei, juni masih aman. menjalani hari-hari seperti biasa, belum ada yang menganggu dan semuanya berjalan seperti biasanya. namun, awal juli, agustus, hingga september dan tahun- tahun selanjutnya hingga tahun 2017 sepertinya semua berubah semakin berat, rumit, sulit dan abstrak.

dan ternyata pada tahun-tahun itu yang kemudian mengubah kepribadian, sifat, dan respon terhadap orang lain terutama kepercayaan pada orang lain hingga nyaris dibawah nol (ngeriii...).

Bukan tidak ingin percaya terhadap orang lain tetapi sudah trauma untuk memberikan kepercayaan terhadap orang lain yang ternyata orang tersebut tidak mampu menjaga kepercayaan kita dan akhirnya semua menjadi sia-sia dan percuma.

Dari pengalaman tersebut jadi belajar untuk menjadi bodo amat mengenai apapun itu, tentang siapapun itu, dan untuk menjaga agar jiwa dan raga tetap waras dan sejalan. 

Pesannya adalah pertama kita harus mencintai diri sendiri dulu, menyayangi diri sendiri dulu, membahagiakan diri sendiri kemudian orang lain. Percuma mencintai, menyanyangi, dan membahagiakan orang lain kalau dirimu sendiri belum bahagia. luangkan waktu sebanyak mungkin untuk memahami dirimu, memberikan jeda untuk mengistirahatkan hati dan jiwa. 

Tidak ada kata "saya sudah bahagia kalau kamu bahagia dengan kata lain saya kenyang kalau kamu sudah kenyang (lah bagaimana kamu akan kenyang kalau hanya dia yang makan... ) sadarilah tidak seperti itu aturan mainnya. seharusnya "ayo kita saling membahagiakan" melakukan aktivitas yang sama-sama membuat kita bahagia, senang, dan tenang. bukannya malah hanya satu pihak yang merasa bahagia namun pihak lainnya malah merasa terbebani.

Cobalah berpikiran terbuka dan menyadari apa yang kamu inginkan. jangan pernah menggantungkan kebahagiaan mu pada orang lain. 

Bukan kah " sakit hati dan kecewa yang paling disengaja adalah berharap kepada manusia?"

sampai disini dulu tulisan hari ini di penghujung tahun namun bukan akhir, masih ada hari esok heheh..

stay safe dan jaga kesehatan, semoga tahun 2021 besok dan seterusnya semuanya kembali membaik... tetap jaga kesehatan mental dan kewarasan semoga kedepannya semuanya akan dimudahkan... 

Wassalam...  

 

Komentar

Postingan Populer